Jenis Batuan dan Generasinya

Jenis Batuan dan Generasinya

karena lagi jaman batu, mari kita ngomongin masalah bebatuan, memang saya cuman lulusan elektro tapi karena keadaan saya juga akhirnya tau cerita tentang batu.
Oke Bumi ini memiliki beberapa lapisan dibawah kerak dlm bahasa inggrisnya "Crust" yang membuat struktur dari bumi tersebut.
Layer atau lapisan yang membentuk struktur bumi adalah Lapisan ini adalah lapisan inti dalam, Inti, mantel, dan kerak

*Inti dalam / Inner core memiliki tebal 1.220 km (750 mil), dan terdiri dari besi padat dan paduan nikel
*Inti/ Core memiliki tebal 2.250 km (1.400 mil), dan terdiri dari besi cair dan paduan nikel
 *Mantel memiliki tebal 2.900 km (1.820 mil), dan terdiri dari batuan beku yang padat dan kerak
*Kerak sendiri memiliki tebal 5 km sampai 75 km (3-46 mil) kerak ini sendiri terdiri dari batuan beku, sedimen dan batuan metamorf. dari jenis batuan ini 95 % kerak bumi terdiri dari batuan beku.

Kerak bumi terdiri dari tiga tipe batuan yang berbeda
- Batuan Igneous
- Batuan Sedimentary
- Batuan Metamorphic

Jadi kalo batu akik sendiri berasal dari tipe batuan yang mana??
nah kalo batu akik itu berasal dari batuan sedimen, yang terbentuk dari aktivitas biogenic atau presipitasi dari larutan, limestone, dolomite,garam dan batubara adalah jenis batuan non clastic sedimen yang umum.

Hasil gambar untuk igneous rock

Oke beralih ke salah satu hal yang menguasai hajat hidup orang banyak "Minyak" Nah kalo minyak sendiri darimana datangnya? katanya dari dalam tanah? Katanya dari dalam batuan? "dan jawabnya adalah iya benar, Katanya dari fossil lalu jadi minyak kok di batu adanya? "jawabanya sama kaya batu akik Minyak banyak terkandung di batuan sedimentary juga tapi yang batuan clastic, yang asalnya terbentuk dari material batuan tua, dan ada di batuan yang berpori (porous rock) sandstone.

 
Oil dan gas tidak bisa ditemukann di Batuan Igneous atau Batuan Metamorphic karena kedua batuan tersebut tidak berpori (non-porous) oleh karena itu, hidrokarbon tidak dapat terakumulasi didalamnya atau di di extract daridalamnya.

//dari oilfield petrophysic

Comments

Popular posts from this blog

Editing PCB pada corel draw

Bahaya paparan Radiasi Radioaktif

Perbedaan Resistansi(Resistance) dengan Resistifitas(resistivity)