Perbedaan Resistansi(Resistance) dengan Resistifitas(resistivity)

          Seperti yang kita ketahui di pelajaran elektonika tentang tahanan. Bahwa tahanan merupakan kemampuan suatu bahan untuk menghambat arus listrik yang melewati bahan tersebut. Sedangkan resistivity adalah jenis bahan yang menyebabkan besar tahanan tersebut. Jadi jika disimpulkan besarnya tahanan suatu bahan bisa saja sama dengan bahan lain namun pastinya memiliki resistivity yang berbeda analoginya adalah sebagai berikut:

V= I . R
r: merupakan resistivity bahan tersebut yang akan menyebakan R resistance bahan tersebut dimana kita ketahui bahwa:
R = r . L/A

          Penggunaan resistivity atau pada saat sekolah dasar atau smp kita ketahui massa jenis, salah satunya diterapkan dalam menentukan lithologi tanah atau yang kita sebut jenis tanah dalam penerapannya mencari saturasi minyak bumi di dalam tanah. Jadi perbedaan jenis tanah itu di ketahui dengan menembakkan arus ke dalam jenis tanah tersebut dengan anggapan bagian tanah yang mengandung banyak Hidrokarbon memiliki resistivity besar karena pada dasarnya hidrokarbon buruk dalam mengantarkan arus, namun berbanding terbalik dengan jenis tanah yang mengandung banyak air pastinya memiliki resistivity yang lebih kecil. analoginya seperti berikut:

   

tentunya pada gambar disamping resistance (tahanan-nya) kecil karena resistivity air sangatlah kecil jadi arus listrik dapat dengan mudah melewatinya.





 
kemudian  ketika ditambahkan hidrokarbon maka tahanan-nya menjadi lebih tinggi akibat resistivity hidrokarbon yang besar








 
namun pada kasus sesungguhnya adalah pada formasi tanah dimana faktor penentu resistivity sesungguhnya dari formasi tersebut adalah sebagai berikut:

- kerenikan tanah atau porosity
- resistivity air pada formasi tersebut. serta,
- besarnya saturasi air didalam formasi tersebut

kasus ini dijelaskan pada persamaan archie






Comments

Popular posts from this blog

Editing PCB pada corel draw

Bahaya paparan Radiasi Radioaktif